Penyusunan ROAD Map & Rencana Kerja | Prakerin BLC Telkom Klaten



Penyusunan Road Map dan Rencana Kerja !!!!

1. Penjelasan

 Road Map adalah Rencana strategis yang menjelaskan tahapan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi pada jangka waktu pendek, menengah dan panjang

 2. Latar Belakang

Dengan semakin banyaknya aktivitas ,tugas, pekerjaan atau banyak hal yang harus di penuhi yang sifatnya wajib ,pastinya kita menemukan kebingungan dalam mengerjakan hal yang mana terlebih dahulu, dan bagaimana serta kapan kita harus mengerjakannya. maka dari itu kita harus memiliki Road Map untuk semata-mata agar dappat memiliki arah dan tujuan dalam mengerjakan sesuatu agar terarah.

 3. Tujuan Road Map
  1.  Menjadi instrumen yang akan memandu perubahan lingkungan kegiatan sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya
  2. Menjadi Instrumenn yang dapat mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungan yang membatasinya
  3. Menjadi instrumen yang dapat memberikan petunjuk tentang  darimana dan akan kemana perubahan dilakukan dalanm rangka mensukseskan program
  4. Merupakan dokumen yang menjadi acuan dalam melakukan perubahhan setiap individu dibidangnya..
 4. Prinsip-Prinsip Road Map
  1. JELAS - Road Map harus mudah dipahami dan dilaksanakan 
  2. RINGKAS - Road Map disajikan secara ringkas dan padat sesuai format yang ditentukan  
  3. TERUKUR - Program , kegiatan, target, waktu, output ,outomes harus dapat diukur
  4. ADJUSTABLE - ROad Map dapat mengakomodasi umpan balik dan perbaikan yang diperlukan
  5. TERINCI - Road Map merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil kegi
  6. atan tersebut
  7. KOMITMEN - Road Map merupakan rkesepakatan bersama yang memberikan gambaran 
  8. DOKUMEN RESMI - road map harus menjadi dokumen resmi yang dapat ditetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan
 5. Sistematika Road Map
  1. Ringkasan ekseklusif
  2. Pendahuluan
  3. Kondisialisasi rencana aksi program dan kegiatan :
  • Pencapaian
  1. Melakukan assessmet terhadap komdidsi organisasi saat ini 
  2. Mengidentifikasi berbagai permasalahan yang memberikan pengaruh pada pencapaian kinerja organisasi
  3. Mengidentifikasi berbagai pencapaian kinerja dan faktor yang menjadi kunci keberhasilan
  • Rencana
  1. Melakukan assessment terhadap kondisi kinerja saat ini 
  2. Mengidentifikasi berbagai kelamahan yang perlu diperbaiki agar memiiki kemampuan untuk mewujudkan kinerja organisasi yang diharapkan
  3. Merumuskan tujuan dansasaran ( tahunan )
  4. Menyusun rencana program, kegiatan dan tahapan kerja
  5. Merumuskan agenda prioritas
  • Kriteria keberhasilan
  1. Indikator adalah sebuah instrumen yang memberikan informasi atau sebuah variable ,yang bertujuan mengukur variable peribahan atau proses
  2. Dari jenisnya indikator dapat dibedakan menjadi indikator keluaran ( output dari indikator hasil (outcome) ,sementara dari cara pengukuran dapat dibedakan kepada indikator kuantitas ( kuantitive indicator ) dan indikator kualitas ( kualiti indicator)
  3. Suatu indikator dapat dikatakan baik memenuhi prasyarat, spesific, measurabe, achivable., measurable, achivable, relevant, and time bound (SMART) 
  • Agenda prioritas
  1. Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan & aktivitas ( tahapan kerja ) yang dilakukan tahapan kegiatan dan aktivitas ) tahapan krja) lainnya.
  2. Sekuen dari kegiatan dan aktivitas ( tahapan kerja ) dalam kerja
  3. Keterkaitan antar satu kegiatan dan kegiatan lain secara sistematis sesuai dengan karakteristik masing2 pekerjaan
  • Waktu Pelaksanaan Dan Tahapan pekerjaan
  • Penanggung Jawab
  • Rencana Anggaran 
  5. Diagram Aliran Road Map

  6. Steakholders Analisys

  7. Metode Instituiogram

  8. Identifikasi Permasalahan

  9. GAP Analisys

10. Systematika Road Map

11. Daftar Skala Prioritas

12. Rencana Program Kegiatan

13. Kriteria Keberhasilan

14. Agenda Pelaksanaan Prioritas

15. Waktu Pelaksanaan Pekerjaan & PIC

16. Format Pelaporan & Dokumentasi

SEKIAN DARI SAYA JIKA ADA KESALAHAN TOLONG KOMENTAR YAA !!!

0 komentar:

Posting Komentar